Agustusan Nggak Lengkap Tanpa Lomba Ini

Nggak terasa ya bulan Agustus udah menghampiri kita di tahun ini. Itu artinya bakal ada banyak banget acara yang terkait dengan 17-an, seperti peringatan detik-detik proklamasi dan upacara bendera. Nggak lupa juga, aneka lomba yang diselenggarain buat memeriahkan kemerdekaan Indonesia, baik di lingkungan pendidikan maupun di lingkungan RT-RW. Walau cuma setaon sekali, tapi tetep aja acaranya meriah banget. Hampir nggak mungkin deh kalo agustusan tapi nggak ada lomba-lomba kayak gini. Kamu pernah ikutan lomba yang mana nih?

 

Panjat pinang

People attempt to climb a greased and slippery pole, to which is attached a prize, to celebrate the Indonesian Independence Day in Jakarta, 17 August 2011. Indonesia marked the 66th anniversary of its freedom from Dutch rule. AFP PHOTO/Bay ISMOYO (Photo credit should read BAY ISMOYO/AFP/Getty Images)

Ini nih salah satu lomba yang ‘Indonesia’ banget. Pohon pinang dihalus kulitnya, plus dilumuri oli dan lemak kambing. Tiap regu bakal manjat hingga puncak. Ada banyak hadiah di ujung pinang. Jadi kalo kamu punya kerja sama dan ketahanan fisik yang cukup, dijamin hadiah-hadiah menarik pasti bakal kamu dapatkan.

 

Masukin paku ke dalam botol

Paku ke Botol

Perlu konsentrasi penuh nih supaya kamu bisa masukin pensil ke dalam botol yang diikat tali rafia lalu digantungin di pinggang.

 

Makan kerupuk

makan-krupuk

Kalo biasanya kita menghindari kalo disuruh ikutan lomba, lomba makan kerupuk malah selalu jadi incaran orang-orang. Biasanya lomba ini emang khusus anak-anak. Kerupuk diiket tali lalu digantung agak tinggian tapi masih terjangkau mulut anak-anak. Siapa yang bisa ngabisin kerupuknya paling cepat, dia pemenangnya. Lumayan, dapet hadiah, perut juga kenyang.

 

Tarik tambang

tarik_tambang_2

Tareeek maaang! Kamu harus punya kekuatan lebih supaya bisa menang dalam kompetisi ini. Eh tapi bukan berarti cewek nggak bisa ikutan loh. Justru yang lebih seru waktu ngliatin cewek-cewek tarik-tarikan.

 

Membawa kelereng di atas sendok

lomba-gigit-sendok-dikasih-kelereng1

Kecepatan adalah faktor utama penentu kemenangan. Asal kamu bisa jaga keseimbangan kelereng, pasti kamu menang. Tapi kenapa kok kelereng ya? Iya soalnya kalo bola basket, pasti nggak ada yang mau ikut.

 

Pukul bantal

Dua peserta lomba pukul bantal beradu di atas batang bambu di Pannara, Kelurahan Antang, Manggala, Makassar, Sulsel, Sabtu (6/8). Pesta rakyat seperti lomba balap karung dan pukul batal yang diadakan oleh warga setempat dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-69 Kemerdekaan RI. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/ed/pd/14

Permainan yang satu ini biasanya dilakukan di atas air,, serunya adalah ketika salah satu pemain jatuh ke dalam air karena tidak bisa menghindari pukulan bantal dari lawannya.

 

Bakiak

lomba bakiak

Kalo ada lomba ini, yang pasti seru terdengar adalah teriakan, “Kiri! Kiri! Kiri! Kiri!”. Kalo nggak, pasti pada jatuh deh. Kamu harus kompak sama rekan setim supaya bisa jadi pemenangnya. Seru loh!

 

Balap karung

Sejumlah warga beradu cepat saat lomba balap karung di Pannara, Manggala, Makassar, Sulsel, Sabtu (6/8). Pesta rakyat seperti lomba balap karung dan pukul batal yang diadakan oleh warga setempat dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-69 Kemerdekaan RI. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/ed/pd/14

Lomba Ini hampir pasti ada di semua kawasan Indonesia dan nggak pernah absen waktu Agustusan. Selain murah meriah, aturannya juga sederhana banget. Tinggal capai finish sambil lompat-lompat, kamu pasti jadi pemenang.

Walau cuma setaon sekali, semua lomba ini pasti bakal diadain dengan meriah dan penuh semangat. Cuma acara 17 Agustus yang pastinya seru banget dan dihiasi dengan berbagai lomba tradisional macam gini. Jangan sampe deh lomba agustusan ini nggak diadain lagi. Pokoknya event agustusan Indonesia harus seru!

 
Related Posts

Latest Stories

Search stories by typing keyword and hit enter to begin searching.