Tren Baru Travelling: Glamping, Camping Gak Pake Repot!

Kadang kita mendambakan piknik yang sederhana, bersatu dengan alam, menyisih dari ingar-bingar kota dan menikmati hijaunya daun atau sekadar mendengar suara-suara air sungai mengalir. Pilihan yang paling mendekati adalah camping.

Sayangnya, buat pekerja yang tak punya waktu mempersiapkan ini-itu, camping dirasa sedikit ribet. Sebab, harus menyiapkan tenda, logistik dan printilan-printilan lain. Belum lagi kalau cuaca buruk, camping yang dibayangkan menyenangkan malah jadi merepotkan.

Karena itulah belakangan ini muncul tren baru di dunia traveling, yakni glamping. Glamping merupakan singkatan dari glamorous camping.

Tak seperti camping pada umumnya, glamping ini mengajak wisatawan tak repot menyiapkan tenda, makanan, atau mencari-cari kamar mandi di alam terbuka. Konsepnya adalah berkemah mewah di alam, tapi tanpa repot menyiapkan ini-itu. Tak perlu khawatir juga bakal basah-basahan karena tenda yang digunakan adalah yang semi permanen. Di Indonesia, banyak tempat glamping yang bisa disambangi masyarakat, ada yang di Bogor, Lombok, Bali, Bandung dan lainnya.

Sejarah Glamping

Kegiatan Glamping pada awalnya terjadi di lingkungan traveler asal Amerika dan Eropa di sekitar tahun 1990. Pada saat itu, trend travelling yang ada adalah melakukan safari dan camping di alam bebas di Afrika. Seperti yang kita tahu, Afrika memang memiliki kondisi alam yang cukup menakjubkan untuk dinikmati. Selain itu, keanekaragaman fauna nya pun cukup menarik untuk diamati secara langsung.

Masalahnya, ternyata banyak traveler yang agak kesulitan dalam menikmati petualangannya di Afrika sana, terutama para traveler kaya yang terbiasa hidup bermewah-mewah. Maka dari itu, mereka memutuskan untuk membawa sebagian kenyamanan dan kemewahan dari rumahnya ke alam Afrika. Beberapa dari kemewahan tersebut antara lain karpet Persia, spring bed yang nyaman, dan seorang chef handal untuk menyiapkan makanan. Dengan cara ini, mereka tetap bisa hidup nyaman sembari menikmati keindahan alam di Afrika.

glamping-di-afrika

Keunikan Glamping

  1. Tenda yang sudah berdiri tegap di tempat nyaman, bahkan di beberapa tempat diganti dengan pilihan akomodasi yang menarik dan lebih mewah.

  2. Fasilitas pendukung seperti listrik, TV, internet dan kemewahan lainnya

  3. Makanan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola


tendaglamor

Nah berikut beberapa rekomendasi Glamping yang lumayan terjangkau jaraknya dari Jakarta (meskipun belum semewah seperti yang di Afrika sana… hehehehee) :

Pondok Rasamala, Bogor


pondok-rasamala

rasamala-1 rasamala-2

Highland Park Resort, Bogor


highland-park1 highland-park2


highland-park3


Tanakita, Sukabumi


tanakita1 tanakita2 tanakita4 tanakita5

The Lodge, Bandung


the-lodge-bandung

the-lodge-lembang22

the-lodge-bandung-1

the-lodge-bandung3

Bagaimana dengan kamu? Tertarik melakukan glamping? Atau lebih suka dengan gaya camping yang tradisional saja?
Related Posts

Latest Stories

Search stories by typing keyword and hit enter to begin searching.