Tips Safety –  Jangan Jadi Incaran Copet, Ini Cara Jaga Barang Tetap Aman

Seringkali kita berada di tempat keramaian, termasuk pulang pergi menggunakan kendaraan umum, mungkin saja ada copet yang mengincar barang kamu. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar barang bawaan tetap aman.

Copet selalu ada di berbagai tempat wisata di dunia. Kehadiran mereka hampir kasat mata dan sulit dideteksi. Dihimpun oleh detikTravel, Kamis (1/10/2015) traveler pun bisa menyiasati agar barangnya tetap aman dari incaran copet dengan cara berikut:



1. Pakai tas tertutup

Tas yang terbuka dan terkesan mahal selalu menjadi incaran copet di keramaian. Daripada tas kamu dicopet dan hilang barang di dalamnya, lebh baik pakai saja tas yang tertutup. Maksudnya adalah cari tas yang tidak mencolok perhatian dan kalau bisa tidak terlihat dari luar.

Tas yang tampak sederhana dan biasa atau tersembunyi akan jauh lebih aman dan tidak menarik perhatian copet. Lagipula copet jauh lebih suka mengincar barang di dalam tas yang tampak mewah, terbuka, dan potensial. Copet pun juga milih-milih kok sebelum beraksi.

 



2. Siapkan fotokopi dokumen penting

Kalau apes-apesnya kamu kecopetan saat traveling, tentu kehilangan yang paling parah adalah identitas diri yang berupa paspor hingga KTP. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kamu memfotokopi berbagai dokumen penting untuk jaga-jaga.

Apabila sudah dibuat beberapa fotokopinya, sebarlahlah di tas, koper, dan berbagai tempat yang aman. Tentu lebih baik sedia payung sebelum hujan. Berjaga-jaga dahulu lebih baik daripada kecopetan dan mengurus kembali semua dokumen yang tercuri.

SAMSUNG



3. Jangan bawa banyak uang tunai

Uang tunai memang menjadi andalan untuk dipakai saat traveling. Tapi bukan tanpa risiko, copet juga tidak segan untuk mengambil uang tunai yang ada di dompet atau kantung celana kamu. Oleh sebab itu, hindari membawa banyak uang tunai.

Kartu debit atau kredit bisa menjadi media transaksi yang jauh lebih mudah dan simpel saat tengah traveling. Pastinya kamu juga perlu bawa uang tunai, tapi bisa dalam jumlah yang sedikit atau ditaruh di tempat khusus yang sulit dijangkau copet untuk amannya.

Lagi pula bawa banyak uang tunai akan membuat dompetmu lebih tebal dan mencolok perhatian para copet. Selain itu dompet juga menjadi lebih berat dan tidak nyaman.



4. Dompet taruh di kantung khusus

Seiring dengan berjalannya perkembangan dunia traveling, ada beberapa produsen yang menyediakan baju atau celana dengan kantong tersembunyi. Tapi tidak cuma itu, produsen tas juga berlomba untuk menghadirkan tas yang simpel atau punya banyak kantung.

Bukan tanpa tujuan, kantung khusus yang ada di pakaian atau tas memang berfungsi sebagai pengaman copet. Barang yang ditaruh di kantung khusus otomatis akan lebih aman dan jauh dari jangkauan copet. Siapa yang akan mencuri barang kamu jika tidak tampak dari luar dan tersembunyi.

 



5. Siapkan uang receh di kantong

Uang receh tidak hanya berfungsi sebagai alat tukar kecil atau untuk biaya ke toilet, namun juga mencegah perhatian dari copet. Uang receh di kantong bisa mengurangi frekuensi kamu mengeluarkan dompet. Semakin jarang mengeluarkan dompet, semakin kamu aman dari perhatian copet.



6. Jangan mengeluarkan handphone di tempat umum

Selain uang dan identitas diri, handphone merupakan salah satu barang yang paling gampang dicopet. Untuk mencegah kejadian tersebut, sebaiknya jangan coba-coba mengeluarkan handphone di tempat umum.

Biasanya copet tidak segan untuk mengincar kamu yang terlihat sibuk berdua dengan handphonenya. Selain menunjukkan kalau kamu memiliki handphone, si copet juga telah menganalisa kelemahan kamu yang terlihat sibuk dengan handphone.

Istilahnya pencopetan bisa terjadi jika ada kesempatan. Jangan tunjukkan handphone kamu di tempat umum atau keramaian apabila tidak terpaksa. Itu juga untuk keselamatan handphone kamu kok.



7. Pakai pengaman ekstra untuk handphone

Seandainya kamu terpaksa mengeluarkan handphone di tempat umum, sebaiknya lengkapi handphone kamu dengan tali yang diikatkan pada salah satu bagian kantong celana. Selain berfungsi sebagai alat pengaman ekstra, handphone juga tidak mudah jatuh dari kantong.

Tapi walaupun begitu, kamu tetap harus ekstra hati-hati akan copet. Bukan tidak mungkin jika copet dapat menggunting tali kamu dan menggondol pulang handphone. Tetap lebih baik tidak mengeluarkannya di tempat umum.

Berikut video beberapa cara untuk mencegah atau menghindari barang kamu dari copet. Traveling boleh, tapi usahakan untuk selalu siap dan jangan ciptakan kesempatan bagi copet untuk beraksi.



 

(sumber : detik travel)
Related Posts

Latest Stories

Search stories by typing keyword and hit enter to begin searching.