Tradisi Pawai Obor di Pergantian Tahun Hijriyah

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Islam, salah satunya pawai obor. Rombongan pawai ini diiringi alat musik rabana atau juga gendang. Sambil berkeliling, masyarakat mengumandangkan salawat dan puji-pujian kepada Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur karena diberi kesempatan untuk merasakan momen pergantian tahun dalam kalender Islam.

Pawai obor ini jadi agenda rutin di beberapa daerah seperti Banten, Sukabumi, Solo, Yogyakarta bahkan kini pawai obor juga banyak digelar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang dan lainnya. Nah SIGNity, ternyata ada juga loh dari teman kita yang mengikuti langsung tradisi pawai obor ini. Sedikit cerita dari Siti Masitah, PT Indah Pratama Abadi.

IMG-20170920-WA0001

Hai SIGNity, saya mau berbagi sedikit pengalaman dalam rangka tahun baru hijriyah kemarin. Sebelum kegiatan pawai obor dimulai biasanya selepas sholat magrib di masjid lingkungan rumah mengadakan pengajian dan do’a bersama dengan membaca do’a akhir dan awal tahun, dengan harapan dapat menjadi lebih baik lagi serta diberikan perlindungan oleh yang Maha Kuasa di tahun ke depannya, barulah setelah itu kegiatan pawai obor dimulai. Kali ini kegiatan pawai obor dilakukan di lingkungan Pengadegan Utara tepatnya di TPA Majelis Ta’lim Ar Ridho yg dimulai ba’da Isya. Setelah berkumpul semua dan menyiapkan obor kami mulai berkeliling lingkungan sekitar Pengadegan – Cikoko dengan melantunkan shalawat Nabi, lalu besoknya akan di meriahkan dengan bazar makanan minuman serta berbagai perlombaan yang islami, seperti lomba adzan, cerdas cermat, MTQ dan lain sebagainya.

IMG-20170920-WA0003

Kesan dan pesan Budaya Pawai Obor yang saya ikuti, karena kegiatan budaya seperti pawai obor ini sudah jarang dilakukan, jika diadakan kembali sangat bagus sekali karena dapat membangun karakter dan semangat anak-anak muda dalam memperingati tahun baru Islam (1 Muharrom 1439 H) dengan tidak melakukan kegiatan hura-hura, melainkan dengan berdoa bersama untuk menjadi lebih baik lagi di tahun ke depannya, serta dapat mempererat kembali silaturrahmi dan gotong royong antar warga sekitar.

Nah, itu tadi sedikit  cerita pawai obor ala SIGNity. Selamat tahun baru 1439 Hijriyah.

Related Posts

Latest Stories

Search stories by typing keyword and hit enter to begin searching.